Senin, 03 Februari 2014

Pada Usia Berapa Pertumbuhan Tinggi Badan Akan Terhenti ?

Tubuh yang pendek, bukan berarti tidak menarik. Namun saat anda memiliki tubuh tinggi idel, tentu akan menjadi nilai tambah untuk diri anda. Lihat saja dalam sebuah pertemuan, tentu saja orang yang memiliki postur tinggi lah yang akan menarik perhatian, dibanding dengan mereka yang memiliki tinggi badan yang biasa-biasa saja.

Sebenarnya selain faktor genetik, nutrisi dan aktivitas gerak menjadi faktor penentu peninggi badan anda. Meskipun keluarga  anda tidak memiliki keturunan yang berbadan tinggi, namun anda malah menjadi satu-satunya yang berpostur tinggi. Ini dipengaruhi nutrisi dan aktivitas yang anda lakukan. Kalau begitu semua orang bisa berpotensi untuk menjadi tinggi?

Tentu saja, asalkan asupan nutrisi pertumbuhan tulang serta didukung olahraga yang menunjang tinggi badan terus anda lakukan. Lantas hingga umur berapa pertumbuhan tinggi badan akan terhenti?

Hal ini penting untuk anda ketahui mengingat apapun yang anda lakukan untuk mempertinggi tubuh akan sia-sia jika anda melampaui batas masa pertumbuhan. Jadi lakukanlah hal-hal yang dapat mempertinggi badan anda jika anda dalam masa pertumbuhan, atau jika tidak setidaknya anda bisa memberikan informasi kepada keluarga anda yang masih dalam masa pertumbuhan agar bisa lebih tinggi.

Menurut Ahli kesehatan, konstruksi tulang pada tubuh manusia terbagi-bagi dalam beberapa bagian. Salah satu bagian namanya lempeng epifisis atau lempeng epiphyseal plate. Epifisis merupakan pusat pertumbuhan tinggi badan manusia. Bagian ini terletak disetiap ujung tulang dan sudah ada sejak manusia lahir.

Jika dilakukan Rontgen, pada usia yang muda, lempeng epifilis ini akan terlihat renggang. Dan jika tulang sudah terutup, maka pertumbuhan tulang pada seseorang berarti sudah mencapai tahap maksimal.

Secara alami memang ada perbedaan mendasar batas usia maksimal penutupan tulang lempeng epifisis antara pria dan wanita. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan jumlah hormon yang dimiliki tubuh. Dimana pada dasarnya, perkembangan tulang manusia diatur oleh hormon pertumbuhan, hormon tiroid, dan hormon seks.

Pada wanita, perkembangan jumlah hormon tersebut relatif lebih cepat, hingga pada akhirnya penutupan lempeng epifisis juga terjadi lebih cepat daripada pria. Sebagai contoh, lempeng epifisis pada tulang paha wanita akan menutup pada usia 15-19 tahun. Sedangkan untuk pria, lempeng epifisis tulang paha pria akan menutup pada usia 17-21 tahun.

Contoh lainnya, pada bagian tulang lengan atas wanita menutup pada usia 18-22 tahun. Sedangkan pada pria akan tertutup ketika memasuki umur 20 tahunan, sampai 25 tahun. Artinya seorang wanita secara alami memang mempunyai kesempatan pertambahan tinggi tubuhnya lebih singkat dibanding seorang pria.

Namun jika diambil rata-rata, batas maksimal pertumbuhan tulang manusia adalah antara usia 17-20 tahun.

Nah untuk anda yang menginginkan diri anda, anak, atau keluarga anda tubuh tinggi, usahakan pada usia dibawah 14 tahun melakukan hal-hal yang dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan. Pasalnya pada usia ini, masa pertumbuhan tulang memasuki masa emas. Sangat penting bagi seseorang agar memperhatikan asupan dan pola makan pada usia emas ini. Bila asupan makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang. Dengan begitu, harapan untuk memiliki tubuh yang tinggi bukan merupakan suatu hal yang mustahil.

Jika sudah memasuki masa pertumbuhan maksimal, yaitu antara 17 – 20 tahun, maka lempeng epifisis telah menutup, dan tulang sudah tidak dapat tumbuh kembang lagi. Dengan demikian, upaya-upaya untuk menambah tinggi badan melalui kegiatan olahraga, terapi maupun meminum suplemen tidak akan banyak membantu. Persiapkan tinggi badan ideal sedini mungkin.

15 komentar:

  1. umur 17 apa masih bisa tinggi ??? tinggiku cuma 163 cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya mah tergantung... ada yang berhenti di umur 17 ad juga berhenti di umur 20an.

      Hapus
  2. umur 17 apa masih bisa tinggi ??? tinggiku cuma 163 cm

    BalasHapus
  3. Thank you for the information.
    Sekedar berbagi info sehat juga, jika berkenan silahkan kunjungi blog kami juga - Manfaat Susu Kambing Etawa untuk kesehatan. Terima kasih..

    BalasHapus
  4. Umur 19 ud ga bisa tinggi lagi ya? Tinggi ku cuma 158 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia aye 17 tahun Nah Tinggi aye 171 cm apa kah bsa Meninggikan lagi jika di saat Usia aye 17 smpei 23 tahun, dgn tidak mempunyai komsumsi makanan

      Hapus
  5. Umur sy 21 ap msh bisa tmbh tinggi

    BalasHapus
  6. Umur sy 21 ap msh bisa tmbh tinggi

    BalasHapus
  7. Umur saya 14 thn dan tinggi saya 164 tapi saya sudah menstruasi apakah masih bisa tinggi lagi ?

    BalasHapus
  8. Umur saya 14 thn dan tinggi saya 164 tapi saya sudah menstruasi apakah masih bisa tinggi lagi ?

    BalasHapus
  9. Gue umur 17 thun tpi tinggi gue cman 54 cm apa msih bsa tinggi,,dengan tdak mengkonsumsi mkana peninggi badan???

    BalasHapus
  10. Usia aye 17 tahun Nah Tinggi aye 171 cm apa kah bsa Meninggikan lagi jika di saat Usia aye 17 smpei 23 tahun, dgn tidak mempunyai komsumsi makanan. Mohon jwb dgn lengkap and jelas.??

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Copyright © 2013 Unika Info: Pada Usia Berapa Pertumbuhan Tinggi Badan Akan Terhenti ? | www.bookie7.co