Selasa, 20 Agustus 2013

Informasi Seputar Kode PIN

Untuk menunjang keamanan pada saat bertransaksi dengan menggunakan ATM maka dibutuhkan semacam kunci yang dikenal dengan PIN. Pin merupakan Personal Identification Number yang merupakan susunan angka rahasia yang hanya diketahui oleh pemiliknya. Kode Pin tidak hanya digunakan di ATM namun juga digunakan untuk sejumlah perangkat elektronik lainnya yang membutuhkan kerahasian seperti  ponsel dan juga kartu SIM.

Kode PIN  di temukan pada tahun 1967 dan dibuat sama dengan orang yang menemukan ATM. Saat itu ia berencana membuat sebuah kode autentikasi yang terdiri dari 6 digit angkan, hanya saja istrinya mengatakan 4 digit angka lebih mudah diingat, hingga akhirnya ia memutuskan menggunakan 4 digit angka. Meskipun begitu, saat ini banyak Bank yang menggunakan ATM dengan 6 digit angka.

Bila membahas mengenai kode ATM yang menggunakan 4 digit angka, maka kombinasi angka 0 hingga 9 akan menghasilkan 10 ribu kombinasi PIN. Sementara itu bila menghitung dari 10 ribu kombinasi tersebut, ternya ditemukan 26,83% terdiri dari 20 nomor yang sama. Nomor PIN yang paling banyak digunakan adalah 1234, kemudian 1111 dan terakhir adalah 0000.

Oleh karena itu, kemungkinan untuk seorang pelaku criminal membobol ATM anda maka ia terlebih dahulu mencoba ke tiga angka tersebut, lalu mencoba tahun kelahiran dan sebagainya. Untuk menjaga kode PIN ATM tetap aman maka anda perlu melakukan 4 hal, pertama hangan menggunakan PIN yang mudah ditebak, jangan menulis PIN tersebut di manapun, gunakan PIN yang berbeda untuk kartu atau layanan yang berbeda. Pastikan anda tidak menyebarkan PIN anda ke orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2013 Unika Info: Informasi Seputar Kode PIN | www.bookie7.co